Tips Bagaimana Cara Memilih Pasangan Hidup Suami Istri Oleh Ustadz Subhan Bawazier

Mempunyai pasangan adalah fitrah manusia, baik laki-laki maupun perempuan. Banyak yang mendambakan mempunyai pasangan yang ideal. Bahkan islam pun memberikan pelajaran untuk pemuda dan pemudi yang ingin menikah.

Nabi muhammad SAW telah mengajarkan kita tentang hadits tentang menikahi wanita karena 4 perkara, dimana ini adalah sebuah hadits yang diriwayatkan oleh imam bukhori dan imam muslim dari abu hurairah r.a. Adapun bunyi dari hadits tersebut adalah sebagai berikut :

تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ ِلأَرْبَعٍ لِمَالِهَا وَلِحَسَبِهَا وَلِجَمَالِهَا وَلِدِيْنِهَا فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّيْنِ تَرِبَتْ يَدَاكَ

(رواه البخاري و مسلم عن أبى هريرة)

Artinya :

Seorang wanita dinikahi karena empat perkara; karena hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan karena agamanya, maka pilihlah karena agamanya, niscaya kamu beruntung. (Dikutip dari kitab mukhtar al-hadits an-nabawi hal 63 n0 21.)

Baginda nabi Muhammad SAW memberikan pedoman kepda kita ketika kita ingin menikahi seorang perempuan maka hendaknya mempertimbangkan empat hal, yaitu :

  1. Hartanya
  2. Keturunannya
  3. Kecantikannya
  4. Agamanya

Keempat faktor tersebut adalah unsur ideal kenapa seorang perempuan dipilih untuk dijadikan pendamping hidup. Namun yang terpenting dari keempat unsur tersebut adalah unsur agamanya, karena agama akan menjadi fondasi utama dalam membangun sebuah keluarga yang sakinah mawaddah warahmah sebagaimana ditegaskan pada kalimat terakhir dari hadits di atas “فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّيْنِ تَرِبَتْ يَدَاكَ” maka pilihlah karena agamanya, niscaya kamu beruntung.

Tapiiii.... kamu juga perlu tahu, kalau nikah itu juga harus sekufu. Mengapa ?

Tonton pejelasan dari Ustadz Subhan Bawazier berikut

Terima kasih telah membaca artikel tentang Tips Bagaimana Cara Memilih Pasangan Hidup Suami Istri Oleh Ustadz Subhan Bawazier di blog Ummu Aliya jika anda ingin memesan produk diatas Anda bisa SMS/WA ke 08562509013, pastikan tidak kehabisan stok, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.